VallenKa: Awas Jigling!!!

Awas Jigling!!!


Sudah bertahun-tahun Wulan blogging tidak tahu apa itu jigling. Wulan pertama kali mendengar kata 'jigling' waktu ada postingan dari anggota komunitas blogger. Inti dari postingannya di grup tersebut adalah "Kenapa kalian suka membagi link blog kalian di sosial media? Kalian tidak takut kalau blog kalian terkena jigling?"

Nah karena tidak tahu dan malas bertanya kepada Google langsung Wulan comment, daaaan tidak dijawab dong!!!  

Karena semakin penasaran Wulan langsung bertanya kepada Google mengenai jigling. Dari beberapa sumber yang ada di internet Wulan dapat menyimpulkan beberapa informasi penting mengenai jigling (wah, apa saja itu? Wkwk baca sampai selesai yaa..) 

Jigling merupakan salah satu software auto visitor buatan China yang diperkenalkan pada tahun 2008, fungsinya menaikkan trafik website. Jigling diambil dari bahasa china yang memiliki arti gemericing (sering digunakan masyarakat untuk menyebut suara uang logam yang berjatuhan). Jigling tidak mendatangkan trafik real organik (manusia) tapi mendatangkan trafik bot (robot) menggunakan sistemnya. Untuk saat ini aplikasi ini dikenal dengan sebutan Software Traffic Spirit di dunia. 

Dikarenakan fungsi utama jigling adalah untuk memanipulasi visitor, maka dalam penciptaannya dilakukan dengan cara mengumpulkan alamat IP dari berbagai negara. Alamat IP yang terkumpul akhirnya dimanfaatkan oleh aplikasi jigling untuk menjadi visitor palsu. 

Untuk para blogger diharapkan agar tidak melakukan jigling!!!  Kenapa? Karena mesin pencari akan mencurigai pengunjung tersebut sebagai tindakan spam. Lebih parahnya lagi website kamu dibanned Google Adsense serta berpotensi dihapus oleh Google. 

Kamu bisa bermain aman dengan cara meningkatkan performa website, seperti menulis konten berkualitas, mengoptimalkan SEO, memaksimalkan backlink, dan lain sebagainya. 

Nah, mengenai pertanyaan diatas ternyata benar bahwa jigling dapat dilakukan oleh hacker/orang lain. Lalu kenapa mereka melakukan jigling kepada website kamu? Ternyata saat menelusurinya Wulan menemukan beberapa alasan, salah satunya yaitu bertujuan membuat persaingan traffik semakin ringan ketika web lain down karena di banned oleh Google. 

Oke, ini sangat menakutkan bagi para bloggers wkwk. Terlebih penghasilan kurang beberapa rupiah saja untuk dicairkan, eh ternyata blog kita malah dibanned Google Adsense. 

No comments:

Post a Comment