VallenKa: Q&A Menjadi Waiter/Waitress Solaria

Q&A Menjadi Waiter/Waitress Solaria


Haii Solarians! 

Teruntuk kamu yang ingin tahu mengenai pekerjaan waitress maupun waiter Solaria wajib banget membaca artikel eksklusif ini! 

Kenapa Wulan bilang eksklusif

Karena di postingan ini Wulan selaku mantan watress akan membahas tuntas mengenai pekerjaan selama menjadi bagian dari Solaria. Untuk kamu yang ingin mencari pekerjaan Wulan anjurkan untuk membaca artikel ini, okayy? 


Q : Cara daftar kerja di Solaria bagaimana?  
A : Dulu Wulan lewat BKK. Jadi kita melewati tahap interview, seleksi, baru training. Kamu juga bisa melamar dengan cara datang langsung ke kantor pusat Solaria yang berada di Tebet. 


Q : Selama training kita ngapain aja, kak?  
A : Selama training kita diwajibkan untuk menghafal menu Solaria, praktek menjadi waiter/waitress yang baik, belajar mengenai standar operasional prosedur, hingga praktek menggunakan peralatan yang akan kita temui saat bekerja di resto Solaria. 


Q : Saat training kita diberi makan? 
A : Tentu. Nantinya kita akan diberi makan 3× sehari. Untuk minum menggunakan air galon (nantinya kita mengangkat galon dari lantai 1 hingga menuju lantai 2 & 3. Dan saat itu bagian Wulan tinggal di lantai 3, intinya serius seru banget!) 


Q : Katanya waktu training banyak yang mengundurkan diri ya kak? 
A : Ya begitulah. Untuk alasannya banyak yang tidak betah karena hafalan yang begitu banyak. 


Q : Trainernya galak tidak? 
A : Galak banget wkwk. Tapi tidak perlu takut, mereka galak supaya kamu bersungguh-sungguh saat mendalami materi serta melatih mental kalian saat sudah bekerja di lapangan. Aslinya mereka bobrok kok. Kalian pura-pura tidak tahu kalau mereka cuma akting galak, meski beberapa beneran galak. 


Q : Enak ya jadi bagian Solaria, bisa makan minum sepuasnya tanpa harus bayar. 
A : Kata siapa? Kita tidak boleh mengambil makanan milik Solaria loh! Ketahuan? Langsung dikeluarkan! 


Q : Katanya rolingan ya? 
A : Iya kak, jadi tidak selamanya kita di konter yang sama. Untuk biaya rolingan ditanggung pihak Solaria kok^^


Q : Gaji beda-beda berdasarkan UMR daerah yang kita tempati? 
A : Untuk gaji semua sama rata, tidak membeda-bedakan UMR daerah yang ditempati. Tapi sudah UMR kok. Selain itu kita mendapat makan 2× serta ada mess (gaji kita udh dipotong untuk biaya makan & mess ya. Jadi nanti nominal yang masuk ke rekening merupakan gaji bersih) 


Q : Hal menyebalkan apa saja saat bekerja di Solaria? 
A : 5 menit sebelum clossing ada orderan masuk dengan jumlah yang banyak; jam mall sudah tutup tetapi customer tidak mau pergi (meskipun lampu mall sudah mati); terus apa lagi, ya? Lupa wkwk. 


Q : karyawan Solaria punya kebiasaan buruk, tidak? 
A : Punya dong. Makan di jam 12 malam, mandi malam, begadang sampai subuh (paling gasik tidur jam 1), jarang sarapan. 


Q : Bagaimana soal cutinya? 
A : Untuk cuti tahunan 8 hari, dan cuti lebaran 4 hari. Jadi total cuti 12 hari dan diambil di bulan yang berbeda (cuti bergantian dengan teman 1 kerjaan. Tidak boleh bersama-sama). Cuti diberikan kepada karyawan yang sudah bekerja selama satu tahun. Jika ada kepentingan keluarga maupun di rolling ke luar pulau bisa cuti dengan mengambil saldo cuti di tahun depan. 


Q : Pekerjaan waiter/waitress ngapain saja? 
A : Waiter/waitress (suluruh karyawan) bertanggungjawab atas store mereka bekerja. Jadi disana kita ada special job dan job night setiap harinya untuk membersihkan store. Selain itu waiter/waitress membagi shift untuk pantry, washing, serta melayani customer. 


Q :  Berarti para karyawan Solaria kebanyakan cinta lokasi dong kak? 
A : Eh? Ya kadang bisa dibilang begitu si wkwk^^' Tapi kita tidak diperbolehkan pacaran dalam 1 konter. Tapi kalau kekeh mau pacaran ya harus diam-diam, tidak boleh ada yang tahu. Ketahuan? Dirolling jauh!! (LDR deh wkwk)

.... 

Sepertinya Q&A kali ini belum sepenuhnya tamat ya. Kamu masih bisa bertanya mengenai pekerjaan di Solaria. Kamu bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar, inbox, maupun instagram @_bitchuthetic 

Nantinya Wulan akan share jawaban dari pertanyaan kalian di blog ini, cmiww~



Note: 
Wulan hanya menjawab pertanyaan umum. Jika menyangkut rahasia perusahaan Wulan tutup mulut loh ya. 



No comments:

Post a Comment